Jumat, 02 November 2012

EMERALD BERYL (ZAMRUD)

EMERALD BERYL (ZAMRUD)
Variasi Warna : Hijau Kebirua-biruan hingga Hijau
Kadar Transparasi : Transparan hingga Opaq
Luster : Vitreous, Resinous Index Bias : 1,572 - 1,600
Kadar Keras : 7.5 - 8 Skala Mohs.  
Berat Jenis :  2.68 - 2.80  gr/cm3
Formula Kimia : Be3(Al,Cr)2Si6O18 
 (Beryllium Alumumunium Silicate)
Sistem Kristal : Hexagonal - Dihexagonal Dypiramidal
Tahun ditemukan : Pra Sejarah
Wilayah Penghasil : Columbia, Zambia, Brazil, Zimbabwe, India, Pakista, Madagaskar, Rusia

Emerald Beryl adalah anggota dari kelompok beryl yang mempunyai warna hijau kebiru-biruan hingga hijau. Warna hijau yang terdapat pada Emerald Beryl disebabkan oleh kandungan Chromium di dalamnya. Anggota beryl yang lain; Bixbite (Merah) : Be3Al2Si6O18 + Mg, Pezzottaite (Pink Kemerah-merahan) :  Cs(Be2Li)Al2Si6O18, Morganite (Pink) : Be3Al2Si6O18 + Mn, Ghosenite (Tak Berwarna / Putih Bening) : Be3Al2Si6O18, Heliodor (Kuning/Emas) : Be3Al2Si6O18 + Fe3+ dan yang terakhir dan paling terkenal yaitu Emerald (Hijau) : Be3(Al,Cr)2Si6O18 

Dari beberapa anggota keluarga beryl, Emerald beryl adalah yang paling terkenal dan mungkin sudah tidak asing didengar bahkan oleh orang awam.Emerald Beryl terkenal dengan nama Zamrud di indonesia dan menjadi batu favorite di kalangan pecinta gemstone.

Emerald Beryl sendiri diambil dari Bahasa Yunani, Smaragdos yang berarti hijau, dan Beryl dalam khasanah bahasa yunani kuno berarti batu hijau-biru dari laut yang berharga yang awalnya hanya digunakan untuk penyebutan Aquamarine namun seiring perkembangan zaman, nama Beryl digunakan untuk menamai Keluarga Beryl.


Mungkin tambang emerald beryl yang paling terkenal adalah Tambang Muzo di Columbia. Tambang ini menghasilkan kristal 16.020 karat! Zamrud dari lokasi ini umumnya dianggap sebagai warna terbaik untuk Emerald. Emerald Beryl juga tercatat dalam sejarah Mesir Kuno pernah ditambang di zaman Ratu Cleopatra.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Mantap
Mampir web ane gan www.fireopalmanggal.com

Posting Komentar